search to blog

welcom to friends

mulai saat ini, Anda harus optimis dalam hal yang akan Anda lakukan_inalL arpakost
Powered By Blogger

Sabtu, 17 Juli 2010

4 hal aturan dlm puasa...


Assalamualakum wr wb……
Maaf sebelumnya, bukannya aku sok tau atau apalah… tapi aku Cuma mau berbagi dengan saudara2 aku yang berada diluar sana. Ya aku mengira bahwa, tidak ada salahnya kita saling berbagi dalam kebaikan. Aku ada sedikit ilmu nihhh yang aku dengar saat aku mendengarkan tausiah ramadhan di masjid raya kampong kalawi di padang, ya seperti ini bunyinya dan lebih jelasnya tanyakan aja ke ustad dimana tempat saudara2 berada or berdomisili, ok.


4 hal peraturan dalam puasa :
1. Wajib bayar Qada’ & tidak wajib bayar Fidi'ah
a. Haid (wanita)
b. Nifas (wanita)
c. Sakit (pria & wanita)
d. Musafir (pria & wanita)
e. Orang sakit yang tiba2 seperti penyakit sawan

2. Tidak wajib bayar Qada’ & wajib bayar Fidiah
- Orang tua / jompo

3. Wajib bayar Qada’ & wajib bayar Fidi'ah
a. Wanita hamil
b. Wanita menyusui
Tapi dalam fiqih sunnah ada yang ringan dalam hal membayarnya, yaitu hanya membayar Fidiah saja

4. Tidak wajib bayar Qada’ & tidak wajib bayar Fidi'ah
- Orang gila

catatan; Qada'; mengganti dengan puasa dibulan lain
Fidi'ah; mengganti dengan memberi makan fakir miskin

Wassalamualaikum wr wb… …

Tidak ada komentar: